I. IDENTITAS
A. Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 2
LUBUK PAKAM
B. Tahun
Pelajaran : 2014 –
2015 Semester 1
C. Kelas : Kelas
XII – IPA1
D. Pelaksana : Indra Sinaga
E. Pihak
Terkait : Peserta
Didik, Orang Tua
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal : 17
September 2014
B. Tempat : Ruang
Kelas XII-IPA1
C. Jam
Pembelajaran / Pelayanan : Sesuai Jadwal
D. Volume
Waktu (JP) : 2 (dua) JP
E. Spesifikasi
Tempat : Di Kelas XII –
IPA1
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
A. Tema :
Peminatan
B. Subtema : Nilai dan
Cita – Citaku
C. Sumber
Materi Pembelajaran : a. Hubungan nilai
dan cita - cita
b. Pengalaman Peserta Didik
c. Kondisi Lingkungan Sekitar
IV.
TUJUAN
/ ARAH PENGEMBANGAN
A. Pengembangan
KES : Agar peserta didik
mampu memahami kemampuan dirinya dan keinginan yang dimilikinya
serta dapat mengembangkan dirinya untuk
dilaksanakan sehari – hari.
B. Penanganan
KES – T : untuk menghindari /
menghilangkan dan mencegah ketidaktahuan, kebingungan, dan ketidakpedulian dalam melakukan apa yang baik bagi peserta didik dalam mencapai cita - cita
V.
METODE
DAN TEKNIK
A. Jenis
Layanan : Layanan
Informasi (Fornat Klasikal)
B. Kegiatan
Pendukung : Permainan
VI.
SARANA : Modul (
buku bacaan siswa), Proyektor dan Laptop
VII.
SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Diperolehnya hal – hal
baru oleh peserta didik berkenaan dengan :
A. KES : Acuan ( A ) peserta didik mampu memilih jurusan berdasarkan nilai yang
diperolehnya, Kompetensi ( K ) siswa
memiliki rasa percaya diri dalam menentukan jurusan berdasarkan nilainya dan
cita - citanya, Usaha ( U ) siswa
berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik , Rasa ( R ) siswa merasakan bahagia dan ketidakcewaan berdasarkan nilai
yang diperolehnya, dan kesungguhan ( S
) siswa selalu bersungguh – sungguh dalam proses belajar – mengajar untuk
memperoleh nilai yang terbaik agar dapat mencapai cita - cita, Peserta didik
hendaknya dapat melakukan hal – hal yang diinginkannya itu tanpa tergantung
pada orang lain.
B. KES
– T : Apa yang harus dihindari agar
tidak mengganggu atau menghambat yang hal – hal yang hendaknya dilakukan oleh
peserta didik; apa bentuk upayanya, bagaimana menghentikan, bagaimana
menggantikan hal – hal yang kurang bail yang selama ini dilakukan dengan hal –
hal baik yang ingin dilakukan itu.
C. Ridho
Tuhan, bersyukur, Ikhlas dan tabah; Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk
mencapai apa yang diinginkan, bersyukur atas keberhasilan dan ikhlas serta
tawakal jika ada yang belum terpenuhi sebagaimana yang diharapkan dan terus
berusaha keras untuk mencapainya.
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN
A. Pengantaran
1. Pengucapan
Salam dan mengajak peserta didik berdoa untuk memulai kegiatan pembelajaran
dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan mereka dengan mdelakukan
kegiatan berfikir, merasa, menyikapi, melakukan dan bertanggung jawab berkenaan
dengan materi yang dibahas.
2. Mengembangkan
materi pokok pembelajaran yaitu “nilai dan cita - cita”, khususnya berkenaan
dengan kegiatan belajar dan meningkatkan kemampuannyaserta kegiatan lain – lain
dengan disertai contoh – contoh, keuntungan dan kerugian jika dilaksanakan atau
ditinggalkan kegiatan itu.
B. Penjajakan
Peserta didik diminta
aktif menanggapi, apa yang dijelaskan dan mengemukakan apa yang selama ini
sehari – hari dilakukan dan apa yang terjadi dengan hal – hal yang dilakukan
itu.
C. Penafsiran
Apa yang dikembangkan
pada tahap penjajakan di atas dianalisis, apa untung –ruginya untuk peserta
didik, sekarang, dan selanjutnya untuk masa datangnya.
D. Pembinaan
1. Peserta
didik diminta untuk menuliskan hal – hal apa saja yang akan dilakukannya secara
masing – masing.
2. Membahas
tentang :
a. Penegasan
tentang kemampuan apa yang dimiliki siswa
b. Bagaimana
Kondisi selama ini tentang apa kemampuan yang dimilikinya, berdasarkan
pengalaman nyata sehari – hari.
c. Apa
yang perlu diubah dan dikembangkan melalui latihan untuk terwujudnya kegiatan
nyata.
d. Kapan
dan bagaimana apa yang diinginkan itu dapat diwujudkan.
3. Materi
bahasan tersebut dicarikan AKURS-nya
4. Peserta
didik ditugaskan membicarakan materi “Mengenal Dunia Pekerjaan Yang Sesuai dengan Kemampuan yang Dimiliki” beserta
AKURS-nya itu dengan terdekat di luar sekolah ( terutama orang tuanya ).
E. Penilaian
1. Penilaian
Hasil
Di akhir proses
pembelajaran peserta didik diminta merefleksikan apa yang mereka peroleh dari
kegiatan pembelajaran yang baru saya berlangsung dengan pola :
·
Apa yang mereka pikirkan
·
Apa yang mereka rasakan
·
Bagaimana mereka menyikapi
·
Apa yang hendak mereka lakukan
·
Bagaimana mereka bertanggung jawab untuk
dan dalan melakukannya.
2. Penilaian
Proses
Melalui pengamatan,
catatan anekdot, angket dan daftar pilihan dan wawancara. Penilaian proses
pembelajaran dilakukan untuk mengukur efektifitas proses pembelajaran /
pelayanan.
Mengetahui, ……………,…………2014
Kepala
Sekolah Guru
BK/Konselor
_________________ ______________________
NIP. NIP.
PRAKTEK BK KARIR
RENCANA PROGRAM LAYANAN
“NILAI DAN CITA - CITAKU ”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
INDRA SINAGA
1123151021
PEND. BIMBINGAN DAN KONSELING
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
2014
makasi.
BalasHapus